Hai! Ini tulisan pertama di blogku yang nyambung dengan websitenya UMM. Yaa, sebelum lulus manfaatkan seluruh fasilitas kampus lah he he. Nah, dalam tulisan pertama ini, aku akan memberikan tips cara mendapatkan uang di UMM.

What?? Mendapatkan uang? Betul sekali. Di kampus berjuluk Kampus Putih ini civitas akademika UMM bisa mendapatkan uang, tentunya secara halal dan barokah 😀 Nah, berikut beberapa cara mendapatkan uang di UMM:

1. Bekerja Part Time

Di UMM, mahasiswa terutama yang tingkat akhir dan yang tinggal menyelesaikan skripsi diberi kesempatan untuk bekerja part time. Mereka akan ditempatkan di kantor-kantor jurusan, fakultas, unit pelaksana teknis (UPT), bahkan sampai ke unit-unit bisnis di UMM. Setelah menyelesaikan part time yang biasanya dikontrak selama 6 bulan, para mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan sertifikat pernah bekerja part time di UMM yang tentunya berguna saat mencari pekerjaan. Dari segi gaji, ya lumayan untuk hitungan mahasiswa. Setidaknya bisa beli bensin dan pulsa serta makan 😀 Tenang saja, gajinya perbulan kok sama seperti karyawan pada umumnya. Untuk pembukaan masa part time ini dilakukan tiap awal semester. Informasi lebih lanjutnya langsung hubungi bagian Kemahasiswaan saja ya.

2. Berwirausaha

Buat yang ingin belajar jadi pebisnis, cara ini mungkin paling cocok buat kalian. Mahasiswa di UMM dapat berjualan apa saja, mulai gorengan, kue basah maupun kue kering, makanan berat, pakaian, dan lain-lain, bahkan jasa. Selain kalian menjual sendiri barang dagangannya, kalian juga dapat menitipkannya di kantin 3,5 GKB I. Nah, bagi kalian yang berwirausaha, tiap tahunnya selalu ada pesta wirausaha yang diadakan oleh Kemahasiswaan UMM. Disitu kalian dapat berpartisipasi aktif nih, siapa tahu ada investor yang mau nanam modal ke kalian 😀

3. Menulis

Yang terakhir ini adalah yang paling saya suka, menulis. Di UMM, mahasiswa yang menulis dan tulisannya dipublikasikan di media massa, utamanya media cetak akan dihargai oleh pihak kampus. Nilai penghargaannya pun bermacam-macam, tergantung dari di media mana diterbitkannya. Makin besar medianya, makin besar penghargaannya.

Aku sendiri sudah menjalankan ketiga cara tersebut. Dari pertama kali jualan pulsa, bekerja part time, dan menulis. Bahkan saat ini, sembari part time saya juga terus menulis. Jadi pendapatan yang didapatkan bisa lumayan dalam sebulan. Setidaknya mengurangi ketergantungan pada orangtua, kan?

Itu dia tiga cara mendapatkan uang di UMM. Sebenarnya masih banyak cara-cara lain dalam mendapatkan uang di UMM, tapi aku hanya share yang sudah pernah ku lakuin sendiri. Mungkin jika teman-teman punya pengalaman lain bisa di share juga bareng-bareng.

Semoga bermanfaat ya 😀